We're not a political band. We don't want to tell people what to do or what to think. We just want to tell them to think.
 
IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Latest topics
Top posting users this week

Share | 
 

 Mengapa ada Nada Fals,.......????????????

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
Rezcky HSH
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 35
Join date : 28.06.11
Age : 26
Lokasi : Saribudolok

PostSubyek: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Wed Jun 29, 2011 2:50 pm

Fals ,...Fals ,...Fals,.....
Kata kata ini..kadang menyakitkan,....kadang menjadi motivasi ...... ngacung
Seorang penyanyi harus mampu melakukan kontrol nada (pitch control) ketika bernyanyi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga konsistensi vokal, sehingga terhidar dari nada fals (atonal). Munculnya nada fals akan sangat menggangu kenikmatan pendengar. Akibatnya, cemoohanlah yang akan mendera si penyanyi. Bahkan, lebih parah lagi, ia akan kehilangan kredibilitas!

Ada beberapa faktor penyebab munculnya nada fals:

~ Talenta Musik

Tuhan menciptakan manusia dengan karakter dan kemampuan masing-masing. Ada orang yang memiliki talenta musik yang baik, ada pula yang tidak memilikinya. Seseorang yang sama sekali tidak memiliki kecenderungan musik (musikalitas) yang baik, akan cukup sulit untuk menjaga dan mengontrol nada. Diperlukan kerja keras dan cerdas untuk mendapatkannya. Memang ada beberapa tips latihan vokal yang bisa mengatasinya, namun memerlukan waktu relatif lama.

Lain halnya dengan seseorang yang telah memiliki talenta musik (sekecil apapun itu). Melalui latihan intensif, ia akan lebih mudah menguasai dan mengontrol nada, hingga ia bisa bernyanyi mulus, tanpa fals sedikitpun.

~ Range Vokal Penyanyi

Range Vokal adalah jarak antar nada dari satu interval ke interval lainnya. Dimana satu interval terdiri dari nada: do re mi fa sol la si. Sementara tata nada sebelum dan sesudahnya adalah interval lain.

Manusia pada umumnya, paling tidak memiliki 2 interval nada. Namun ada juga yang memiliki 6 interval, bahkan 8 interval nada. Vokalis Steel Hearth, Mariah Carey, Whitney Houston adalah beberapa penyanyi dengan range vokal sangat panjang.

~ Nah, apa hubungannya dengan Fals?

Penyanyi dengan range vokal pendek, dia akan kesulitan menjangkau nada-nada yang terlampau tinggi atau rendah. Saat itulah yang paling rawan bagi mereka.

~ Penguasaan Teknik Vokal

Bagi para penyanyi dengan range vokal pendek, sebetulnya ada beberapa cara untuk menghindari ranjau-ranjau fals. Diantaranya adalah dengan menggunakan teknik falseto dan cop stemp. Kedua cara ini hampir sama, yakni dengan menggunakan nada ’palsu’ ketika menemui nada-nada tinggi. Perbedaanya adalah output power cop stemp lebih kuat dibandingkan dengan teknik falseto. Sehingga, dengan cop stemp, seolah-olah ia mengeluarkan nada ’asli’ atau normal.

Nah, jika kedua teknik ini tidak dikuasai, maka nada fals akan relatif banyak ditemukan.

~ Tingkat Kesulitan Lagu

Tingkat kesulitan lagu berbeda-beda. Mulai dari yang hanya memiliki dua atau tiga chord saja. Hingga lagu yang memiliki puluhan chord dalam musik pengiringnya. Untuk lagu yang relatif mudah, tentunya tidak terlalu dibutuhkan kemampuan ekstra untuk mengontrol nada. Tetapi, ketika menyanyikan lagu dengan tingkat kesulitan tinggi, seringkali diperlukan beberapa kali latihan penguasaan untuk mendapatkan kualitas vokal yang mulus dari lagu tersebut. Hal ini tidak hanya dialami oleh para penyanyi pemula, tetapi juga oleh para penyanyi kaliber profesional sekali pun. Terutama dalam take vokal untuk rekaman di studio. Seorang penyanyi profesional bisa berkali-kali mengulang baris lagu yang sulit, untuk mencapai tone yang sempurna.

~ Perangkat Audio Pendukung

Selain faktor internal penyanyi, faktor eksternal juga turut menentukan munculnya nada fals. Misalnya dalam sebuah pertunjukan di dalam gedung yang tidak disertai dengan setting akustik ruangan yang memadai, kemudian kualitas sound system seadanya, dengan tanpa disertai monitor vokal yang baik, niscaya si penyanyi akan sangat kesulitan untuk mengontrol nada.

Sehebat apapun kemampuan vokal si penyanyi, jika menghadapai kondisi seperti itu akan sangat sangat keteteran. Gedung tanpa penataan akustik yang baik, akan menimbulkan gaung yang sangat mengganggu stabilitas tempo. Akibatnya sangat fatal, konsentrasi penyanyi terganggu, harmonisasi musik dan lagu semakin kacau, karena si penyanyi akan menggunakan acuan tempo musik hasil pantulan (gaung), sementara si pendengar/penonton mendengarkan tempo yang asli.



melet
Kembali Ke Atas Go down
rogers_dwiputra
Mod. Tips & Tricks
Mod. Tips & Tricks


Jumlah posting : 108
Join date : 14.06.11
Age : 25
Lokasi : baleendah, bandung

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Wed Jun 29, 2011 5:16 pm

om rezky mau nanya nih, gimana caranya nemuin nada dasar yang emang cocok & nada maksimumnya mampu penyanyi tsb, contohnya pacarku lala kalau nyanyi lagu apapun di nada dasar F pasti dapet terus/suaranya maksimal meskipun di bagian lagu yang butuh pitch tinggi, tapi kalau nada dasarnya di A misalkan, dia merasa ketinggian terutama di pitch yang tingginya ga bisa teriak, itu kebetulan dapet nada dasarnya lala ternyata cocoknya di F, nah kalo secara sengaja gitu nge tes vokal saya cocoknya di nada mana gimana caranya?
Kembali Ke Atas Go down
http://ozoydrummer.blogspot.com
Rezcky HSH
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 35
Join date : 28.06.11
Age : 26
Lokasi : Saribudolok

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Wed Jun 29, 2011 6:53 pm

rogers_dwiputra wrote:
om rezky mau nanya nih, gimana caranya nemuin nada dasar yang emang cocok & nada maksimumnya mampu penyanyi tsb, contohnya pacarku lala kalau nyanyi lagu apapun di nada dasar F pasti dapet terus/suaranya maksimal meskipun di bagian lagu yang butuh pitch tinggi, tapi kalau nada dasarnya di A misalkan, dia merasa ketinggian terutama di pitch yang tingginya ga bisa teriak, itu kebetulan dapet nada dasarnya lala ternyata cocoknya di F, nah kalo secara sengaja gitu nge tes vokal saya cocoknya di nada mana gimana caranya?


Secara umum menurut saya yang namanya vokal itu ,...pitchnya cowok dengan cewek berbeda.....kamu sadar ga sbg contoh : coba dengar lagu anang dan syahrini yang judulnya jangan memilih aku,......pas pengambilan vokal si syahrini,..chord berubah kan.....walaupun mengarah ke arah yang nada yang sama. Memang sudah umum sekali vokal cowo dan cewe itu pengambilan chord waktu bernyanyi berbeda.Coba kamu nyanyi lagu dari G, trus kamu suruh cewe kamu ngambil nada dari G juga,dia pasti ngerasa itu ketinggian.....begitu juga dari chord A....sebenarnya chord A itu vokal yang paling pas,..adalah vokal cowo,.....kalo di cewe biasanya ngambilnya di C,...pasti suaranya plong keluar smua,....

ngacung

Kalo dari vokal kamu,saya rasa kalo untuk ngetes ada baiknya kamu ngambil di G aja deh menut=rut saya.....karena saya juga begitu kalo mau buat lagu,..heheheh

makasih ya Roger......kalo ada yang kurang berkenan sok tanyain,....tapi ajarin aku kibot juga yahhhh.....hehehe
Kembali Ke Atas Go down
rogers_dwiputra
Mod. Tips & Tricks
Mod. Tips & Tricks


Jumlah posting : 108
Join date : 14.06.11
Age : 25
Lokasi : baleendah, bandung

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Wed Jun 29, 2011 8:39 pm

Rezcky HSH wrote:
rogers_dwiputra wrote:
om rezky mau nanya nih, gimana caranya nemuin nada dasar yang emang cocok & nada maksimumnya mampu penyanyi tsb, contohnya pacarku lala kalau nyanyi lagu apapun di nada dasar F pasti dapet terus/suaranya maksimal meskipun di bagian lagu yang butuh pitch tinggi, tapi kalau nada dasarnya di A misalkan, dia merasa ketinggian terutama di pitch yang tingginya ga bisa teriak, itu kebetulan dapet nada dasarnya lala ternyata cocoknya di F, nah kalo secara sengaja gitu nge tes vokal saya cocoknya di nada mana gimana caranya?


Secara umum menurut saya yang namanya vokal itu ,...pitchnya cowok dengan cewek berbeda.....kamu sadar ga sbg contoh : coba dengar lagu anang dan syahrini yang judulnya jangan memilih aku,......pas pengambilan vokal si syahrini,..chord berubah kan.....walaupun mengarah ke arah yang nada yang sama. Memang sudah umum sekali vokal cowo dan cewe itu pengambilan chord waktu bernyanyi berbeda.Coba kamu nyanyi lagu dari G, trus kamu suruh cewe kamu ngambil nada dari G juga,dia pasti ngerasa itu ketinggian.....begitu juga dari chord A....sebenarnya chord A itu vokal yang paling pas,..adalah vokal cowo,.....kalo di cewe biasanya ngambilnya di C,...pasti suaranya plong keluar smua,....

ngacung

Kalo dari vokal kamu,saya rasa kalo untuk ngetes ada baiknya kamu ngambil di G aja deh menut=rut saya.....karena saya juga begitu kalo mau buat lagu,..heheheh

makasih ya Roger......kalo ada yang kurang berkenan sok tanyain,....tapi ajarin aku kibot juga yahhhh.....hehehe

hahahah, siap deh tukeran ilmu hehehh, kalau cowo tuh rata2 nadanya maen dimana ya? di G gitu?
Kembali Ke Atas Go down
http://ozoydrummer.blogspot.com
janganpanggilsayacina
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 6
Join date : 24.06.11
Lokasi : diatas korsi

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Wed Jun 29, 2011 10:15 pm

untung aja suara saya ga pernah fals..
suara saya m rezky kn 11:12 ngakak
Kembali Ke Atas Go down
Rezcky HSH
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 35
Join date : 28.06.11
Age : 26
Lokasi : Saribudolok

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Wed Jun 29, 2011 11:28 pm

janganpanggilsayacina wrote:
untung aja suara saya ga pernah fals..
suara saya m rezky kn 11:12 ngakak


Wahhhhh mulai sekarang aku ga bakal manggil kau cina,......korea aja.... nasehat
Kembali Ke Atas Go down
Rezcky HSH
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 35
Join date : 28.06.11
Age : 26
Lokasi : Saribudolok

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Wed Jun 29, 2011 11:32 pm

rogers_dwiputra wrote:
Rezcky HSH wrote:
rogers_dwiputra wrote:
om rezky mau nanya nih, gimana caranya nemuin nada dasar yang emang cocok & nada maksimumnya mampu penyanyi tsb, contohnya pacarku lala kalau nyanyi lagu apapun di nada dasar F pasti dapet terus/suaranya maksimal meskipun di bagian lagu yang butuh pitch tinggi, tapi kalau nada dasarnya di A misalkan, dia merasa ketinggian terutama di pitch yang tingginya ga bisa teriak, itu kebetulan dapet nada dasarnya lala ternyata cocoknya di F, nah kalo secara sengaja gitu nge tes vokal saya cocoknya di nada mana gimana caranya?


Secara umum menurut saya yang namanya vokal itu ,...pitchnya cowok dengan cewek berbeda.....kamu sadar ga sbg contoh : coba dengar lagu anang dan syahrini yang judulnya jangan memilih aku,......pas pengambilan vokal si syahrini,..chord berubah kan.....walaupun mengarah ke arah yang nada yang sama. Memang sudah umum sekali vokal cowo dan cewe itu pengambilan chord waktu bernyanyi berbeda.Coba kamu nyanyi lagu dari G, trus kamu suruh cewe kamu ngambil nada dari G juga,dia pasti ngerasa itu ketinggian.....begitu juga dari chord A....sebenarnya chord A itu vokal yang paling pas,..adalah vokal cowo,.....kalo di cewe biasanya ngambilnya di C,...pasti suaranya plong keluar smua,....

ngacung





Kalo dari vokal kamu,saya rasa kalo untuk ngetes ada baiknya kamu ngambil di G aja deh menut=rut saya.....karena saya juga begitu kalo mau buat lagu,..heheheh

makasih ya Roger......kalo ada yang kurang berkenan sok tanyain,....tapi ajarin aku kibot juga yahhhh.....hehehe

hahahah, siap deh tukeran ilmu hehehh, kalau cowo tuh rata2 nadanya maen dimana ya? di G gitu?



Kalo saya sendiri sih kalo mau narik nada yang enak itu dari C ,... E ,...G.....

tapi yang the best G lah heheehe.....tergantung kamu enak nariknya di bagian mana,........karena banyak vocalist yang senang narik nada tinggi,....rendah,..maupun yang sedang-sedang.....
Kembali Ke Atas Go down
ǝpuɐBFS
Admin
Admin


Jumlah posting : 62
Join date : 18.06.11
Age : 27
Lokasi : Nowhere land

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 6:41 am

gw malah senengnya dari Em hehehe..
cocoknya disitu.
Kembali Ke Atas Go down
mentari
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 8
Join date : 24.06.11
Age : 24

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 7:25 am

ngacung bang bang mau nanya bisa gak range vocal dilatih biar makin panjang ? apa cuma bisa ditutupin pake teknik dari abg tadi ?

makasi sebelumnya bang resky.. threadnya mantap kasih jempol!!
Kembali Ke Atas Go down
Rezcky HSH
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 35
Join date : 28.06.11
Age : 26
Lokasi : Saribudolok

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 10:53 am

ǝpuɐBFS wrote:
gw malah senengnya dari Em hehehe..
cocoknya disitu.

Iya sih kalo Em itu biasanya melahirkan nada nada balad,.....biasanya kalo penyayi yang mengambil nada dasar Em biar beatnya seneng ataupun sedih,...tapi teteap meresapi,......bagus mamen aNDREW,.... 2jempol
Kembali Ke Atas Go down
Rezcky HSH
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 35
Join date : 28.06.11
Age : 26
Lokasi : Saribudolok

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 11:01 am

mentari wrote:
ngacung bang bang mau nanya bisa gak range vocal dilatih biar makin panjang ? apa cuma bisa ditutupin pake teknik dari abg tadi ?

makasi sebelumnya bang resky.. threadnya mantap kasih jempol!!

Ni ada cara instannya kalo menurut saya,....pada pagi hari ,kalo kamu bangun kan suara kamu beda kan,.....nahhhh pada saat seperti itu kamu bisa melatih diafragma kamu,....dengan cara tarik napas selama 10 detik,....tahan napas 10 detiik,...kemudian lepaskan selama 10 detik,.....(pokoknya untuk penarikan napas,...menahan,..dan pelepasan napas,,..usahakan pelan,..)..,,ni sangat berpengaruh loh buat range vokal dek,...karena pada pagi hari itu tenggorokan -diafragma-perut masih seger.

Untuk resepnya sih,...sering sering minum air putuh,air jahe.....supaya suara selalu plong,...
Kembali Ke Atas Go down
mentari
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 8
Join date : 24.06.11
Age : 24

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 11:37 am

okeeee terimakasih tips tipsnya baang good post dude
Kembali Ke Atas Go down
Rezcky HSH
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 35
Join date : 28.06.11
Age : 26
Lokasi : Saribudolok

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 12:30 pm

mentari wrote:
okeeee terimakasih tips tipsnya baang good post dude

melet melet melet
ok dek mentari.........sukses Flashlight,.....
Kembali Ke Atas Go down
bebekdisco
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 36
Join date : 21.06.11

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 12:55 pm

wah thread mantap ini, TSnya ganteng pula.
ajarin aku nyanyi bang. nanti ku ajari binsarmu senang senang :D :D
Kembali Ke Atas Go down
Rezcky HSH
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 35
Join date : 28.06.11
Age : 26
Lokasi : Saribudolok

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 1:03 pm

bebekdisco wrote:
wah thread mantap ini, TSnya ganteng pula.
ajarin aku nyanyi bang. nanti ku ajari binsarmu senang senang :D :D



wahhhhhhhhh ok ok bang,.......aku juga uda jenuh si binsar ga muntah muntah ,....sudah sebulan.....
Kembali Ke Atas Go down
bebekdisco
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 36
Join date : 21.06.11

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 1:13 pm

Rezcky HSH wrote:
bebekdisco wrote:
wah thread mantap ini, TSnya ganteng pula.
ajarin aku nyanyi bang. nanti ku ajari binsarmu senang senang :D :D



wahhhhhhhhh ok ok bang,.......aku juga uda jenuh si binsar ga muntah muntah ,....sudah sebulan.....

kapan bisa mulai ajarin bang?
PM aja ya bang, private les 2jempol
Kembali Ke Atas Go down
nando.satriani
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 23
Join date : 22.06.11
Age : 26
Lokasi : bandung

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 3:34 pm

Bang rezky..ajarin donk?
klo diajarin janji deh ga lapor sama polisi,,,wkwkwkwkwk bajak laut
Kembali Ke Atas Go down
Rezcky HSH
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 35
Join date : 28.06.11
Age : 26
Lokasi : Saribudolok

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 3:49 pm

install.satriani wrote:
Bang rezky..ajarin donk?
klo diajarin janji deh ga lapor sama polisi,,,wkwkwkwkwk bajak laut


Iya yuk kita ajar-ajaran tapi tunggu kamu gondrong dulu ya ....bang nando ngacung
Kembali Ke Atas Go down
rogers_dwiputra
Mod. Tips & Tricks
Mod. Tips & Tricks


Jumlah posting : 108
Join date : 14.06.11
Age : 25
Lokasi : baleendah, bandung

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 9:33 pm

Rezcky HSH wrote:
mentari wrote:
ngacung bang bang mau nanya bisa gak range vocal dilatih biar makin panjang ? apa cuma bisa ditutupin pake teknik dari abg tadi ?

makasi sebelumnya bang resky.. threadnya mantap kasih jempol!!

Ni ada cara instannya kalo menurut saya,....pada pagi hari ,kalo kamu bangun kan suara kamu beda kan,.....nahhhh pada saat seperti itu kamu bisa melatih diafragma kamu,....dengan cara tarik napas selama 10 detik,....tahan napas 10 detiik,...kemudian lepaskan selama 10 detik,.....(pokoknya untuk penarikan napas,...menahan,..dan pelepasan napas,,..usahakan pelan,..)..,,ni sangat berpengaruh loh buat range vokal dek,...karena pada pagi hari itu tenggorokan -diafragma-perut masih seger.

Untuk resepnya sih,...sering sering minum air putuh,air jahe.....supaya suara selalu plong,...

wah ternyata benar kata mama & nenek, harus banyak minum air putih biar sehat hehehhe
Kembali Ke Atas Go down
http://ozoydrummer.blogspot.com
Rezcky HSH
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 35
Join date : 28.06.11
Age : 26
Lokasi : Saribudolok

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Thu Jun 30, 2011 10:43 pm

rogers_dwiputra wrote:
Rezcky HSH wrote:
mentari wrote:
ngacung bang bang mau nanya bisa gak range vocal dilatih biar makin panjang ? apa cuma bisa ditutupin pake teknik dari abg tadi ?

makasi sebelumnya bang resky.. threadnya mantap kasih jempol!!

Ni ada cara instannya kalo menurut saya,....pada pagi hari ,kalo kamu bangun kan suara kamu beda kan,.....nahhhh pada saat seperti itu kamu bisa melatih diafragma kamu,....dengan cara tarik napas selama 10 detik,....tahan napas 10 detiik,...kemudian lepaskan selama 10 detik,.....(pokoknya untuk penarikan napas,...menahan,..dan pelepasan napas,,..usahakan pelan,..)..,,ni sangat berpengaruh loh buat range vokal dek,...karena pada pagi hari itu tenggorokan -diafragma-perut masih seger.

Untuk resepnya sih,...sering sering minum air putuh,air jahe.....supaya suara selalu plong,...

wah ternyata benar kata mama & nenek, harus banyak minum air putih biar sehat hehehhe

Benar Tuh,........Kata kata nenek itu slalu benar tuhhhhh,.... melet
Kembali Ke Atas Go down
ıɟɥʇnlBFS
Mod. Tips & Tricks
Mod. Tips & Tricks


Jumlah posting : 14
Join date : 19.06.11

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Fri Jul 01, 2011 12:05 pm

kk rezky emang TOP deh... 2jempol
nice info apa lagi buat saya nih yang gak bisa nyanyi, klo nyayi selalu fals dan selalu fals kepantai kepantai
Kembali Ke Atas Go down
Rezcky HSH
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 35
Join date : 28.06.11
Age : 26
Lokasi : Saribudolok

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Fri Jul 01, 2011 12:30 pm

ıɟɥʇnlBFS wrote:
kk rezky emang TOP deh... 2jempol
nice info apa lagi buat saya nih yang gak bisa nyanyi, klo nyayi selalu fals dan selalu fals kepantai kepantai


Makasih kak AKTORR...... 2jempol
Kembali Ke Atas Go down
ǝpuɐBFS
Admin
Admin


Jumlah posting : 62
Join date : 18.06.11
Age : 27
Lokasi : Nowhere land

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Fri Jul 01, 2011 2:12 pm

Rezcky HSH wrote:
ıɟɥʇnlBFS wrote:
kk rezky emang TOP deh... 2jempol
nice info apa lagi buat saya nih yang gak bisa nyanyi, klo nyayi selalu fals dan selalu fals kepantai kepantai


Makasih kak AKTORR...... 2jempol
udin suaranya sebenarnya bagus... bingung
Kembali Ke Atas Go down
rogers_dwiputra
Mod. Tips & Tricks
Mod. Tips & Tricks


Jumlah posting : 108
Join date : 14.06.11
Age : 25
Lokasi : baleendah, bandung

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Fri Jul 01, 2011 8:34 pm

ǝpuɐBFS wrote:

udin suaranya sebenarnya bagus... bingung

bukannya drummer yang "bagus"??
Kembali Ke Atas Go down
http://ozoydrummer.blogspot.com
Rezcky HSH
Penonton
Penonton


Jumlah posting : 35
Join date : 28.06.11
Age : 26
Lokasi : Saribudolok

PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Sat Jul 02, 2011 2:29 am

ǝpuɐBFS wrote:
Rezcky HSH wrote:
ıɟɥʇnlBFS wrote:
kk rezky emang TOP deh... 2jempol
nice info apa lagi buat saya nih yang gak bisa nyanyi, klo nyayi selalu fals dan selalu fals kepantai kepantai


Makasih kak AKTORR...... 2jempol
udin suaranya sebenarnya bagus... bingung

Yaa semua orang bisa nyanyi......hanya latihan aja rutin,..... 2jempol
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Mengapa ada Nada Fals,.......????????????   Today at 10:59 pm

Kembali Ke Atas Go down
 
Mengapa ada Nada Fals,.......????????????
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
UKM BAND POLITEKNIK TELKOM :: Helps, Tips, Trick, & Tutorials-
Navigasi: